ads

Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Islam merupakan salah satu agama terbesar dan tercepat penyebarannya di dunia. Namun dibalik nama besar serta cepatnya perkembangan agama ini, ternyata cobaan serta gejolak penolakan pun telah banyak dilakukan. Seperti saat ini saja dimana fenomena Islamfobia yang sedang merebak di banyak negara barat seperti Amerika Serikat. Dan bahkan baru-baru ini salah satu calon presiden Amerika Serikat yang berjanji akan melarang seluruh umat islam untuk masuk Amerika. Sungguh bencinya mereka kepada agama islam.

Dengan alasan yang di picu dari serangan teror Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) ke prancis dan beberapa teror lainnya yang mengatasnamakan islam nyatanya telah menjadi sumber kebencian banyak orang. Padahal agama islam yang sesungguhnya tidaklah seperti itu. Malah islam adalah agama yang sebaliknya, bahkan tak sedikit penemuan-penemuan dari umat islam yang kini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi perkembangan dunia.

Banyak yang mengira pemeluk Islam adalah penyuka kekerasan, serta hidup dalam keterbelakangan. Padahal islam adalah cikal bakal dari sejumlah temuan penting yang kini dinikmati manusia modern. Jika Anda ingin tahu tentang ilmu penting arsitektur atau kebersihan diri masa kini sesungguhnya berasal dari ilmuwan Islam. Banyak sekali penemuan-penemuan penting umat islam yang kini menjadi kebutuhan yang selalu di gunakan banyak orang bukan orang islam saja namun semua orang di dunia.


Kacamata

Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Abu al-Hasan, ilmuwan dari Basra, Irak, menemukan metode bagaimana sebenarnya mata manusia bekerja. Dalam eksperimen dengan material reflektifnya, Hasan membuktikan bila mata tidak bisa berfungsi tanpa sinar pantul.

Berkat kesimpulan tersebutlah, akhirnya dia dapat menjelaskan bagaimana bila ada bayangan jatuh tidak tepat dengan sinar pantul. Maka, demi membantu mereka yang mengalami masalah pada penglihatan, Hasan akhirnya dapat meramu sebuah alat yang kini populer dengan nama kacamata.

Tidak sebatas kacamata, dalam pengembangan lanjutannya, Hasan turut andil dalam ilmu lain seperti astronomu dan meterologi.

Gitar

Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Siapa tidak kenal alat musik gitar? Alat musik yang populer di seluruh belahan dunia ini ternyata berasal dari tanah Arab. Pada awalnya alat musik yang memiliki enam yang mempunyai nama berbeda namun dengan fungsi sama.

Pada abad pertengahan, seorang muslim Spanyol menemukan dengan apa yang disebut sekrang sebagai gitar. Dia menyebutnya dengan 'qitara'. Diceritakan bila alat ini kemudian diundang untuk menunjukkan kebolehannya di Istana Umayyah dibawah penguasa Abdel Rahman II di abad ke sembilan.

Seiring perkembangannya, akhirnya qitara mengalami evolusi menjadi sesuatu yang modern, hingga menjadi alat musik gitar seperti sekarang.

Marching Band

Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Pasti anda terkesima kala melihat serdadu angkatan memainkan secara kompak drum, cymbal, dan alat band marching lainnya. Namun tahukah anda sejarah dari pertunjukkan spektakuler ini?

Pada zaman perang terdahulu, umat muslim menggunakan formasi marching band modern dibuat oleh Kerajaan Ottoman Turki, pada abad 19.

Militer Eropa terkagum-kagum melihat atraksi personil marching band Turki. Penampilan para penabuh drum dari Ottoman itu akhirnya ditiru banyak divisi militer Eropa. Kini nyaris semua negara memiliki divisi marching band resmi di kalangan militer maupun sipil.

Sikat Gigi

Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Islam adalah sebuah agama yang sangat menitik beratkan pada kebersihan badan. Dalam Kitab Suci Al Quran pun hal tersebut tertuang dalam tata cara membersihkan badan. jadi jangan heran bila gigi adalah salah satu bagian penting yang tidak luput akan hal tersebut.

Dalam sejarah hidup Nabi Besar Muhammad, beliau mencontohkan bagaimana membersihkan gigi dengan menggunakan ranting, atau yang akrab disebut 'siwak'. Sang nabi sangat rajin dalam melakukan hal itu setiap hari dalam membersihkan giginya.

Meski tidak secara tegas tertulis dalam memberishkan menggunakan siwak dalam kitab, namun apa yang dilakukan nabi sangat sering tertuang dalam hadis riwayat para sahabat nabi.

Aljabar
Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia

Ilmu konstruksi dunia telah berkembang pesat. Sampai-sampai manusia bisa membangun gedung pencakar langit yang tingginya mendekat satu kilometer dari permukaan tanah. Namun, apa artinya arsitek atau insinyur pandai merancang gedung, tanpa aljabar. Ya, aljabar adalah ilmu yang menjadi pondasi sains terapan modern.

Ilmu hitung ini mulaui dikenal oleh bangsa Eropa pada abad ke-12, ketika seorang berdarah Inggris-Arab menerjemahkan karya ilmuwan muslim bernama Al Khwarizmi. Khawarizmi lahir sekitar tahun 780 di Uzbekistan, dan wafat pada 850 di Baghdad, Irak. Dia berprofesi sebagai pengajar di madrasah terkemuka Dinasti Abbasiyah.

Rumus Aljabar yang dia kenalkan berdampak tidak sebatas dalam bidang matematika saja, namun lebih meluas ke bidang lain seperti astronomi, astrologi, geografi, hingga kartografi.

0 Response to "Lima Penemuan Peradaban Islam Paling Berpengaruh di Dunia"

Post a Comment